RICAD HUTAPEA

Ricad Hutapea (25th) mulai belajar musik (vokal) saat berumur 8 tahun di lembaga pendidikan musik Sonora. Vokal menjadi pilihannya dalam belajar musik pada saat itu karena ia aktif dalam kelompok paduan suara di gerejanya sampai umur 11 tahun. Kemudian ia mencoba belajar keyboard pada umur 12 tahun di lembaga yang sama, karena ia melihat keyboard yang dibeli oleh orang tuanya tidak ada yang memainkan. Di umurnya yang ke 15 tahun, Ricad memasuki sekolah SMK Musik Perguruan “Cikini” dengan program peminatan piano klasik dibawah bimbingan Raras Miranti.
Sebelum lulus SMK, Ricad memulai belajar saksofon pada tahun 2007 akhir dan memilih belajar di lembaga pendidikan musik Farabi selama 3 bulan. Saat lulus SMK, ia memilih program peminatan saksofon klasik di Institut Kesenian Jakarta dibawah bimbingan Irianto Suwondo. Ia merasa tidak cukup belajar hanya di kampus, lalu ia bertemu dengan Arief Setiadi dan F.A Talafaral yang membimbingnya dalam belajar saksofon dari segala sudut; musikalitas, musician attitude, maupun teknikal.
Ricad sering bermain dalam berbagai festival musik Jazz dalam negeri, seperti Java Jazz (2010-2014), Jak Jazz (2013), Indonesian Jass Festival (2013), Jazz Goes to Campus (2011, 2013), Jazz Gunung (2014), Jazz Buzz Salihara (2014), Serambi Jazz (2013-2014), dan lainnya, bersama musisi terkenal seperti Indra Lesmana Group, Tohpati & Friends, Dewa Budjana, Idang Rasjidi, Monita Tahalea & The Nightingales, Art of Tree, dan grupnya sendiri.
Saat ini ia sudah menghasilkan album dengan Monita Tahalea and The Nightingales yang berjudul Song of Praise yang di produseri oleh Indra Lesmana dan Hanny Lesmana, juga album solo dari Chaka Priambudi. Selain itu, ia juga bermain saksofon dalam album solo Tohpati (Song for You), Indro Hardjodikoro (Cerita Baru), Yoseph Sitompul (Menunggumu) dan penyanyi jazz senior, Jenny De Fretes (Embraceable Moments). Sebelumnya, ia sempat membuat rekaman dua buah single dengan DJ Andezzz.