VENESSA

Venessa, dilahirkan dengan nama panjang Venessa Adverta Fortuna Koespramanto. Lahir di Jakarta, 7 September 1989. Mengawali perjalanan bermusik dengan berlatih olah vokal di Elfa Music Studio (EMS) pada tahun 2000-2007 dan menjadi anggota Elfa’s Choir untuk olimpiade paduan suara di luar maupun dalam negeri sekaligus berkesempatan untuk menjadi anggota paduan suara istana Gita Bahana Nusantara 2004 selama menjalani latihan olah vokal di EMS. Lalu Venessa melanjutkan perjalanan bermusiknya dengan menuntut ilmu musik di Universitas Pelita Harapan, Conservatory of Music, Professional Contemporary (Vocal Major) pada tahun 2008-2014.
Semasa kuliah, Venessa bersama sahabat terdekat membentuk grup band akustik bernama Beilys dan menjalani regular performance dari tahun 2010-2014. Semasa kuliah, Venessa juga sudah menjalani profesi menjadi pengajar vokal sejak 2010 di sekolah musik non-formal. Setelah lulus dari perguruan tinggi, Venessa menjadi dosen paruh waktu di Institut Musik Indonesia tahun 2016-2017, dan sekarang menjadi pengajar vokal Indra Aziz Vocal Studio di bilangan Jakarta Selatan. Memulai karier menjadi Vocal Director pada tahun 2012 dan sempat bekerja untuk grup JKT48 pada tahun 2015. Selain itu Venessa berkesempatan untuk menjadi backing vocal Raisa di tahun 2015-2016, dan saat ini Venessa tengah aktif menjadi backing vocal untuk Mondo Gascaro sejak tahun 2016.
Sejak bulan Desember lalu, Venessa tengah mengerjakan album perdananya yang didukung oleh sahabat bermusiknya; Tomy Vernando (Drum), Julyandra (Bass), Entol Hikmat (Gitar), Beby Baingan (Gitar), Aldhan Prasatya (Keyboard), dan Windy Setiadi (Accordion). Karya tunggal Venessa akan diperdengarkan di awal Juli ini, dilanjutkan dengan peluncuran album perdananya di akhir tahun 2018 ini.