Festival Musik Rumah adalah acara pertunjukan musik langsung (live music) dalam format konser rumah, bersifat partisipatif dan tidak untuk profit, berlangsung di beberapa rumah lintas daerah.

Misi Festival Musik Rumah adalah mempererat persaudaraan dan kebersamaan anak Nusantara melalui musik.

Festival Musik Rumah dilandasi oleh semangat merayakan kebhinnekaan dan merawat kebersamaan serta nilai-nilai keluarga yang umum seperti: kerukunan, persahabatan, persaudaraan, ramah anak, kesederhanaan, kesukacitaan, keutuhan, saling menghargai dan melayani.

Festival Musik Rumah yang pertama akan dilangsungkan pada tanggal 17, 18, 19 Agustus 2018 sebagai bentuk syukur atas 73 tahun kemerdekaan NKRI.

Kegiatan ini digagas oleh Petrus Briyanto Adi (nama panggilan: Adoy) seorang pegiat dan pendidik musik. Bersama istrinya (Bonita) Adoy menjalankan program home concert di kediaman mereka dengan nama #LIVEatRUMAHBONITA. Program ini berlangsung bulanan sejak tahun 2015, menampilkan musisi-musisi lintas jaman dan genre yang dihadiri oleh beragam penonton.

Perjalanan Bonita & The Hus Band (Bonita, Adoy, Bharata Eli Gulö, dan Jimmy Tobing) yang melakukan tur sepanjang paruh awal 2017 yang mereka beri nama #BelongToEachOther TOUR memberi ide kuat untuk terus melakukan upaya-upaya merawat kebersamaan dalam kebhinekaan Nusantara melalui musik.

Bulan Februari hingga Maret 2018 Bonita & Adoy bersama Andie JP melakukan tur ke lima rumah di wilayah JaBoDeTa untuk mensosialisasikan rencana program Festival Musik Rumah. Tur ini diperpanjang lagi di bulan April hingga Mei 2018 ke beberapa rumah di Jepara, Semarang, Salatiga, Yogyakarta, Sukoharjo, Solo, Ngawi, Surabaya dan Malang.

Persiapan Festival Musik Rumah ini dikerjakan juga secara partisipatoris melibatkan teman-teman dan sahabat-sahabat baik pemusik maupun pecinta musik lintas komunitas.

 

MENGAPA KONSER RUMAH

Konser rumah memiliki kekhasan yaitu suasana intim-akrab-kebersamaan dalam menikmati musik secara langsung. Lebih dari itu konser rumah juga memberi ruang bagi kita untuk menikmati kebersamaan dan silaturahmi yang nyaman serta mempererat persaudaraan. Kualitas rumah sebagai mutu hubungan orang-orang yang ada di dalamnya dapat dengan wajar teraktualkan dalam sebuah konser rumah. Banyak sekali pemusik mendapatkan pengalaman berkesan saat menjalani konser rumah, di antaranya: suasana yang hangat, penonton yang apresiatif, juga terasa keikhlasan respon langsung dari penonton. Tuan rumah dan hadirin juga mendapatkan pengalaman berharga dari sebuah konser rumah yang berjalan dengan sederhana.